BAHASA PEMROGRAMAN
(VISUAL C++)
CIRI-CIRINYA :
a. ABJAD.
1.
ALFABET : A – Z
2.
ANGKA :
0 – 9
3.
SIMBOL :
* , ! //
4.
KODE KONTROL :
formfeed, newline
b. TATA BAHASA (GRAMMAR)
1.
KATA : a. PERINTAH
b. BUKAN PERINTAH
2.
KALIMAT : SATU BARIS PERINTAH YG
MEMPUNYAI ARTI
3.
PROGRAM : HIMPUNAN PERINTAH
1. KATA KUNCI (RESERVED WORD) : Auto, Char, If, Static, While dll.
IDENTIFIER : Nama yang diberikan oleh pemrogram
dan digunakan didalam kode C++ untuk memberi nama kelas atau variabel.
Aturan :
a. Karakter pertama berupa
huruf/tanda garis bawah.
b. Karakter kedua dan
seterusnya dapat berupa sebarang huruf, tanda garis bawah, atau angka.
c.
Huruf kapital dan huruf kecil diperlakukan berbeda ( case sensitive ).
Contoh : 1.
nama, bil1, bil_1 à ( benar )
2. 2bil, 1_bil,
barang# à ( salah )
2. TIPE DATA DAN LITERAL
TIPE DATA
|
UKURAN DLM BYTE
|
JANGKAUAN
|
Char
|
1
|
- 128 s/d 127
|
Unsigned char
|
1
|
0 s/d 255
|
Short
|
2
|
-32.768 s/d 32767
|
Unsigned Short
|
2
|
0 s/d 65.535
|
long
|
4
|
-2.147.483.648 s/d
-2.147.483.647
|
Unsigned Long
|
4
|
0 s/d 4.294.967.295
|
int
|
4
|
-2.147.483.648 s/d
-2.147.483.647
|
Unsigned int
|
4
|
0 s/d 4.294.967.295
|
|
|
|
float
|
4
|
1.2E-38 s/d 3.3E381
|
double
|
8
|
2.2E-308 s/d 1.8E308
|
bool
|
1
|
True and false
|
3. LITERAL BILANGAN
a. BILANGAN
BULAT : 77,-88, 989
b. BILANGAN
REAL : 12.3, -12.5, 1.4E23
4. LITERAL LOGIKA
Literal yang hanya dapat berupa kata kunci true and false.
5. LITERAL STRING.
Berartri deretan atau kombinasi sejumlah karakter.
6. KONSTANTA BERNAMA.
CONTOH :
Const double PI=3.14;
Ket :- PI adalah literal bertipe double dengan nilai
3.14.
- Kunci
const menyatakan PI tak dapat diubah setelah
didefinisikan.
7. VARIABEL.
Menyatakan suatu lokasi didalam memori komputer yg digunakan menyimpan
suatu nilai dan nilai yang ada didalamnya bisa diubah.
Syntax : tipe
namaVar[,namaVar]
Contoh :
int jumlah; à Variabel jumlah bertipe
integer.
float jumlah; à Variabel jumlah bertipe
float.
bool jumlah; à Variabel jumlah bertipe
logika.
-
Memberikan nilai terhadap variabel.
a. Cara
pertama
Syntax : tipe Variabel = nilaiAwal;
Contoh : double radius = 20;
b.
Cara kedua
Syntax : cin
>> Variabel;
Contoh : 1. cin
>> panjang;
2. cout << “Masukkan panjang =”;
cin
<< panjang;
8. KOMENTAR.
a. Cara pertama dengan tanda
/* dan */.
Contoh : /*
Program mencari Luas Segitiga */
b. Cara kedua dengan tanda
//
Contoh : //
Program mencari Luas Segitiga
9. PERNYATAAN
Statu instruksi lengkap yang berdiri sendiri dan ditujukan untuk melaksanakan
statu tugas tertentu.
Contoh :
const double PI 3.14;
cin >>
panjang;
return 0;
10. BENTUK UMUM PENULISAN PROGRAM
// Nama program
Deklarasi / Membaca kode sumber
Int main () à Menjadi titik awal eksekusi
program
{
............... à
Program
...............
}
Contoh :
// Kenalprogram.cpp
#include
<iostream.h>
int
main()
{
cout
<< "Jurusan Teknik Geodesi"
<< endl
<< "FTSP – ITN Malang"
<< endl;
return 0;
}
Keterangan Program :
//
Kenalprogram.cpp à Menyatakan komentar
bahwa program ini bernama Kenalprogram.
#include
<iostream.h> à Instruksi yg memerintahkan
compiler untuk menyisipkan berkas lain saat program dikompilasi.
Berkas
berakhiran .h à header file ( berkas ini
mengandung berbagai deklarasi seperti : fungsi, variabel dan lain-lain ).
main () à Fungsi yang menjadi
titik awal pengeksekusian program C++.
int didepan main menyatakan tipe nilai.
cout
<< "Jurusan Teknik Geodesi" à obyek yang digunakan untuk
menampilkan keluaran dalam hal ( Jurusan
Teknik Geodesi ).
<< endl à fungsi untuk pindah baris
return 0; à untuk memberikan nilai balik
fungsi main ()
Latihan :
1.
Coba anda buat outputnya jadi ’Jurusan Teknik Geodesi’,
coba anda cermati bahwa diantara tulisan tersebut diapit dengan tanda petik
satu.
11. Operator dan Ekspresi.
Ekspresi adalah Suatu bentuk yg menghasilkan suatu
nilai.
Contoh :
cout << 3+5*2;
Operator adalah simbol atau karakter khusus yg
digunakan dalam suatu ekspresi utk menghasilkan suatu nilai. Beberapa kelompok
operator antara lain :
o
Operator Aritmatika
o
Operator penambahan dan pengurangan
o
Operator penugasan
o
Operator Pembandingan
o
Operator logika dan bit
a.
Operator Pembanding.
Operator yg digunakan utk melakukan pembandingan
dua buah nilai.
No.
|
Operator
|
Makna
|
Contoh
|
1.
|
==
|
Kesamaan nilai
|
a==b
|
2.
|
!=
|
Ketidaksamaan
|
a !=b
|
3.
|
>
|
Lebih dari
|
a>b
|
4.
|
<
|
Kurang dari
|
a<b
|
5.
|
>=
|
Lebih dari atau sama dengan
|
a>=b
|
6.
|
<=
|
Kurang dari atau sama dengan
|
a<=b
|
Contoh :
// pembanding.cpp
#include
<iostream.h>
int
main()
{
int x = 27;
int y = 35;
cout << x << " > " << y
<< " = "
<< (x > y) << endl;
cout
<< x << " < " << y << " = "
<< (x < y) << endl;
char kar1 = 'a';
char
kar2 = 'A';
cout << kar1 << " > "
<< kar2 << " = "
<< (kar1 > kar2) << endl;
cout
<< kar1 << " < " << kar2 << " =
"
<< (kar1 < kar2) << endl;
cout
<< kar1 << " == " << kar2 << " = "
<< (kar1 == kar2) << endl;
return 0;
}
Pernyataan If
fungsi untuk melakukan pengambilan keputusan terhadap dua kemungkinan.
a/. If bentuk pertama.
Syntax :
If (kondisi) {
//
blok pernyataan yg dijalankan
//
kalau kondisi bernilai benar
}
Contoh :
//
Lulus.cpp
#include
<iostream.h>
#include
<string.h>
int
main()
{
double
nilaiUjian;
cout
<< "Masukkan nilai ujian: ";
cin >> nilaiUjian;
char
hasil[12] = "Tidak Lulus";
if (nilaiUjian >= 60)
strcpy(hasil, "Lulus");
cout << "Hasil: "
<< hasil
<< endl;
return 0;
}
b/. If bentuk kedua.
Syntax :
If (kondisi) {
//
blok pernyataan yg dijalankan
//
kalau kondisi bernilai benar
}
else {
//
blok pernyataan yg dijalankan
//
kalau kondisi bernilai salah
}
Contoh :
// Lulus2.cpp
#include
<iostream.h>
int
main()
{
double
nilaiUjian;
cout
<< "Masukkan nilai ujian: ";
cin >> nilaiUjian;
if
(nilaiUjian >= 60)
cout << "Hasil: Lulus"
<< endl;
else
cout << "Hasil: Tidak
Lulus"
<< endl;
return 0;
}
c/. If bersyarang
fungsi : pernyataan if yang
berada didalam pernyataan if.
Contoh :
//
Abcde.cpp
#include
<iostream.h>
int
main()
{
double
nilaiUjian;
cout
<< "Masukkan nilai ujian: ";
cin >> nilaiUjian;
char
skor;
if
(nilaiUjian >= 90)
skor =
'A';
else
if (nilaiUjian >= 70)
skor = 'B';
else
if (nilaiUjian >= 60)
skor = 'C';
else
if (nilaiUjian >= 50)
skor = 'D';
else
skor = 'E';
cout
<< "Skor " << skor
<< endl;
return 0;
}
Looping ( proses pengulangan
)
a/.
For
b/.
While
c/.
do ….while
a/. Looping ( for )
Syntax :
for ( inisialisasi;kondisi;penaikan_penurunan) {
Pernyataan_pernyataan
}
Contoh :
//
ContFor.cpp
#include
<iostream.h>
int
main()
{
for (int i = 1; i < 15; i += 2)
cout << i
<< endl;
return 0;
}
b/. Pengulangan
di dalam Pengulangan
Contoh :
//
Segitiga.cpp
#include
<iostream.h>
int main()
{
int
tinggi;
cout
<< "Tinggi segitiga: ";
cin
>> tinggi;
int
baris, kolom;
for
(baris = 1; baris <= tinggi; baris++)
{
for
(kolom = 1; kolom <= baris; kolom++)
cout << '*';
cout << endl;
}
return 0;
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar